Holistic Approach for Skin Healing: Xtracare Skincare

Ngerasa nggak sih akhir-akhir ini tuh kualitas udara lagi jelek banget? Aku sempet baca kalau Indonesia tuh udah menduduki peringkat ke-7 sebagai negara dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia, which means polusinya udah parah banget ya kan. Kalau aku cek kualitas udara via internet dari IQAir juga kualitas udaranya udah tergolong Unhealthy atau tidak sehat ya menurut rekomendasi WHO.

Dan akibatnya pengaruh banget ke kondisi kulit! Kalau aku sendiri sih ngerasanya gitu ya, apalagi tipe kulit aku dry and sensitive, dan belakangan ini kerasa kulit jauh lebih gampang kering dibandingkan kemarin-kemarin. Selain itu, eksim atau hand dermatitis aku juga kambuh, bahkan kayanya sekarang paling parah sih karena kulit mengelupasnya bisa sampai berdarah-darah gitu, sedih banget huhuhu. Soalnya ternyata emang kualitas udara yang kurang baik itu memang bisa memicu gangguan kesehatan kulit mulai dari radang, iritasi, jerawat, hiperpigmentasi, sampai eksim.

Aku juga sadar diri ya, kulit di usia 30an itu beda banget sama di usia 20an dimana produksi kolagen masih kenceng. Masuk usia 30an produksi kolagennya udah mulai melambat. nggak cuma itu aku juga sekarang cukup sering ngalamin yang namanya adult acne. Pokoknya rempong banget deh! Aku juga baru tahu kalau polutan dan partikel halus di udara itu bisa merusak kolagen dan elastin kulit, jadinya bisa menyebabkan keriput dan garis halus.

Mulai usia 30an ini aku juga udah mulai switch to minimalist skincare, ada yang sama juga Anyway, ngomongin soal perawatan kulit, menurut aku ternyata nggak bisa sih cuma pakai skincare yang over-the-counter aja. Perlu maintenance bulanan juga misalnya dengan treatment di klinik kecantikan. Berhubung emang pekerjaan aku sebagai beauty content creator kan bisa dibilang kulit itu aset penting ya, jadi memang harus dirawat sedemikian baik.

Eh, ternyata ada juga yang sering kelupaan lho, selain rutin pakai skincare harian dan monthly treatment, kita juga wajib banget yang namanya healing. Sekali-kali mesti tuh touch grass alias healing sebentar ke tempat terbuka yang tingkat polusinya lebih rendah daripada di tengah kota. Soalnya, secara alami tubuh kita butuh ion negatif yang tersedia secara berlimpah di alam, terutama daerah pegunungan dan air terjun. Jadi jangan di depan laptop mulu, sekali-kali healing ke alam itu ada benernya juga, hehehe.


Xtracare: Ionic Skincare System Pertama di Dunia untuk Self-Healing Kulit

By the way, beberapa waktu yang lalu aku dapat PR Package dari Tivaza Klinik Bandung dan dokter dr Reiva Farah Sp.Kk, yang isinya rangkaian skincare dari Xtracare. Xtracare sendiri adalah skincare Korea yang diproduksi oleh Interbat Aesthetic, dan merupakan Ionic Skincare System pertama di dunia yang memadukan teknologi Ion Balancing Minerals dengan Lamellar Emulsion. Xtracare juga merupakan Calcium Skincare dan Magnesium Skincare.

Teknologi Ion Balancing Minerals adalah teknologi pertama di dunia yang menggunakan ion dari mineral alam, kalsum, dan magnesium dalam formulasi skincare yang stabil. Di depan sudah aku bahas ya kalau tubuh kita secara alami sebenarnya butuh ion dari alam untuk bisa memperbaiki sendiri skin-barrier alias self- healing. Kalau kadar ion dalam tubuh sudah seimbang, kalsium dan magnesium akan membantu sel-kulit untuk self-healing, memperkuat skin-barrier, mengunci kelembapan, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi dan jerawat.

Teknologi ini dikombinasikan dengan Intercellular Lamellar Emulsion, yaitu formulasi dengan konsentrasi ceramide, kolesterol, dan asam lemak yang spesifik menyerupai struktur kulit manusia. Hasilnya, sel kulit akan terangsang membentuk kolagen dan memperbaiki jaringan yang rusak atau mengalami penuaan.

Ada tiga produk dari Xtracare yang aku coba. Ketiganya ini juga cocok untuk dipakai sebagai treatment sesudah prosedur ablatif seperti misalnya laser.


Xtracare Ionic Gentle Cleanser

Produk yang pertama aku coba adalah cleanser atau face wash. Xtracare Ionic Gentle Cleanser ini mengandung Jeju Centella Asiatica + Ion Balancing Minerals, dan diformulasikan dengan Xtrabarrier Formula.

Cleanser ini diklaim cocok untuk dry & sensitive skin (which is cocok banget dengan skintypeku!), dan bisa membersihkan kulit dengan lembut dari debu, minyak, dan make up tanpa mengangkat minyak alami di permukaan kulit. Ionic Balance-nya juga membantu melindungi kulit dari polutan dan iritan, memperkuat skin barrier, dan menstimulasi kulit yang lebih sehat dari dalam.

Key Ingredientsnya ada 6 yaitu:

  • Chamomile Extract
  • Jeju Centella Asiatica Extract
  • Heartleaf Extract
  • Rose Geranium Extract
  • Hyaluronic Acid
  • Soapbark Extract
First impression aku, cleanser ini memang bener-bener gentle karena aftermathnya nggak ada rasa kulit ketarik atau keset gitu which means natural oil di kulit aku memang masih terjaga dengan baik. Selain itu Xtracare Ionic Gentle Cleanser juga nggak mengandung artificial perfume ya jadi aman banget sih buat kulit sensitive, dan aku yang hidungnya lumayan sensi juga sama wangi-wangian di skincare bisa pakai cleanser ini dengan aman dan nyaman banget.


Xtracare Ionic Rejuvenating Essence


Produk berikutnya yang aku coba adalah produk unggulannya Xtracare yaitu Xtracare Ionic Rejuvenating Essence. Produk ini punya design packaging yang inovatif karena nggak ada risiko produk tercemar atau terkontaminasi udara atau cahaya matahari, lho. Jadi keamanan dan kebersihannya terjamin, hasilnya juga jadi lebih efektif di kulit.

Key Ingredientsnya ada 6 yaitu:
  • Portulaca Extract
  • Blueberry Extract
  • Chamomile Extact
  • Madecassoside
  • Jeju Centella Asiatica Extract
  • Brown Seaweed Extract
Karena ini essence ya, jadi sebaiknya dipakai setelah cleanser dan toner, baru dilanjut dengan moisturizer. Menurut aku essence ini teksturnya ringan banget, cepat menyerap, dan sama sekali nggak ada rasa lengket di kulit nggak seperti produk essence lainnya yang umumnya dia rich gitu kan. Xtracare Ionic Rejuvenating Essence ini cocok buat kamu yang kurang nyaman kalau pakai skincare yang bikin lengket atau over-oily gitu di kulit. Kandungan Madecassoside-nya juga cocok buat kamu yang punya masalah kulit kemerahan.


Xtracare Ionic Hydrating Lotion



Yang terakhir aku coba sekaligus jadi produk yang paling sering aku pakai belakangan ini adalah Xtracare Hydrating Lotion. Ini body lotion dengan isi yang cukup banyak yaitu 200ml, ya. Kemasannya berupa tube dengan tutup flip-top.

Formulanya yang ringan bisa menjaga kelembapan kulit sampai 8 jam, dengan kombinasi Xtrabarrier Formula, Ion Balancing Minerals, dan Vegan Ceramides.


Bisa dibilang Xtracare Ionic Hydrating Lotion ini jadi produk favorit aku diantara ketiga produk yang aku coba, karena dia tuh bener-bener weightless, jadi saat kita apply on the skin langsung kayak melted gitu dan menyerap. Misalnya nih kalau aku pakai body lotion biasanya masih ada residu putih-putih gitu yang harus kita blend all over the skin kan, nah kalau ini tuh nggak. Begitu nempel di kulit langsung gampang banget ngeratainnya, dann langsung kerasa hydratingnya. Pokoknya kalau kalian punya kulit kering kayak aku wajib banget deh nyobain lotionnya Xtracare ini.


***

Overall, menurut aku semua produknya Xtracare works dengan baik di kulit aku yang memang dry & sensitive. Dan wajib banget dicobain sebagai salah satu holistic approach untuk memperbaiki kulit dan skin barrier. Selain seri Xtrabarrier yang untuk kulit kering ini ada juga seri lain yaitu Xtrawhite untuk mencerahkan kulit, lho. Produknya Xtracare bisa didapatkan melalui resep dokter di klinik-klinik dermatologi terkemuka as dermatologist product, contohnya di Tivaza Klinik Bandung ya.


This is a sponsored post. Xtracare send me the product to test and review and what I wrote is my honest review based on my personal experience


0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)